Tips n Trik Operasi Gigi Impaksi


Kemarin saya baru saja melaksanakan operasi gigi impaksi untuk kedua kalinya, terhadap 2 buah gigi geraham belakang (kanan atas & kanan bawah). Kedokteran mengistilahkan kelainan tersebut sebagai IMPAKSI. Pengalaman operasi gigi saya yang menakutkan untuk pertama kali bisa mas/jeng baca di tulisan (Katanya Sadar, Tapi Gak Gaul). Pada operasi kali ini, gigi bawah saya miring 90° kemudian mendorong-dorong gigi di hadapannya sehingga kerap menyebabkan pusing kepala. Sedangkan gigi atas tumbuh mengarah ke tulang pipi sehingga menimbulkan ngilu pada pipi.

sejenis ini gigi geraham belakang kanan atas & bawah saya

sejenis ini geraham kanan atas & bawah saya

Operasi kemarin berjalan dengan sangat lancar karena saya sudah belajar dari pengalaman sebelumnya. Pertama, karena ketakutan terhadap jarum suntik sudah bisa ditepis. Ceritanya, saya itu sangat takut dengan yang namanya jarum suntik. Pada pengalaman pertama operasi, butuh waktu minimal setengah jam untuk dokter membujuk-rayu saya bahwa suntik bius itu TIDAK SAKIT sehingga waktu operasi molor hingga 2 jam. Sedangkan pada operasi kemarin, waktu yang diperlukan untuk meyakinkan saya untuk mau disuntik bius adalah nol detik hehehe. Cups banget deh.

Saya tau menunda disuntik ataupun tidak ya ujung-ujungnya pasti disuntik juga. Walhasil, saya dengan penuh kekuatan berusaha menepis rasa takut tersebut. Kedengerannya sih lebay tapi mau gimana lagi, ini semacam orang yang punya phobia terhadap sesuatu. Gak ada orang lain yang ngerti rasa takutnya.

Nah, faktor pertama adalah saya sudah jadi anak pemberani. Faktor kedua adalah dokternya lebih jago. Oleh karenanya, waktu operasi lebih cepat. Cuma 1,5 jam untuk 2 gigi! Mungkin karena dokter bedah yang sekarang itu laki-laki, jadi… kekuatan untuk menarik akar gigi lebih kuat dibanding dokter yang lalu, seorang perempuan.

Dan setelahnya saya merasa lebih plong. Pertama, karena masalah gigi saya sudah teratasi meskipun masih ada 1 geraham belakang lagi yang harus dioperasi nanti. Kedua, karena saya sudah dewasa!!! Yeah!!! Boleh dong ya seneng sedikit hihihi

Sekarang saya mau ngasih tips-tips bagi mas/jeng yang mau operasi gigi impaksi juga.

PRA OPERASI

1. Konsultasi terlebih dahulu ke Dokter Gigi

Biasanya orang sering mengeluh sakit gigi tapi hanya mengandalkan obat penghilang sakit tertentu untuk meredamnya. Daripada diredam secara kuratif, lebih baik datang ke dokter gigi untuk mengetahui permasalahan yang sebenarnya.

Konsultasi membantu mas/jeng memahami permasalahan gigi sehingga tahu langkah yang harus dilakukan selanjutnya. Siapa tahu ternyata gigi mas/jeng tidak tumbuh keluar gusi, tetapi tumbuh dalam gusi dan mendorong gigi lainnya sehingga kerap muncul rasa sakit kepala luar biasa yang hanya dianggap sebagai PUSING atau DEMAM biasa. No. Sebaiknya coba datang juga ke dokter gigi untuk memastikan apakah pusing itu benar-benar disebabkan oleh tumbuhnya geraham belakang atau sakit kepala biasa. Supaya tidak mubazir, datanglah ke dokter gigi sekalian untuk MEMBERSIHKAN KARANG GIGI.

2. Rontgen, siapkan uang lebih

Pada saat saya konsultasi ke dokter gigi dan ternyata harus melakukan operasi, saya langsung disuruh untuk rontgen. Jangan lupa minta SURAT PENGANTAR UNTUK RONTGEN dari dokter gigi. Rontgen dilaksanakan di bagian RADIOLOGI. Pada rumah sakit tertentu, hasil rontgen dapat diambil sekitar 10 menit setelah foto rontgen.

Waktu itu saya rontgen di RS Eka Hospital, BSD Tangerang Selatan dengan biaya Rp 200.000. Hasilnya sudah dapat diambil sekitar 7 menit setelah foto rontgen.

3. Lakukan di Dokter Bedah Mulut, bukan Dokter Gigi

Pengangkatan gigi impaksi tidak seperti gigi biasa lainnya karena cenderung harus merobek dan membuang gusi sehingga dokter bedah mulut lah yang tersertifikasi untuk melakukannya. Kecuali gigi impaksi mas/jeng dalam posisi normal (berdiri tegak dan tidak ada bagian apapun yang tertutup gusi), masih bisa dilakukan oleh dokter gigi.

4. Lebih baik ke Dokter Bedah Mulut laki-laki.

Kekuatannya untuk menarik akar gigi lebih kuat, sehingga waktu operasi dapat lebih cepat. Bayangkan mas/jeng harus buka mulut berjam-jam, pasti capek kan.

PASCA OPERASI

1. Konsumsi Vitamin C dan Kalsium

Contohnya adalah Redoxon, CDR, dll. Untuk kalsium pun dapat diperoleh dari susu. Kedua mineral ini amat membantu pertumbuhan gusi. Setelah operasi, gusimu bolong besar karena akar gigi memiliki panjang sekitar 1,5 – 2 kali lebih panjang dari gigi itu sendiri.

2. Perbanyak minum air putih

Karena konsumsi Vit.C dan kalsium berlebih, maka harus dinetralisir oleh air putih agar ion-ion vit.C dan kalsium tidak mengumpul di ginjal dan menyebabkan batu ginjal.

3. Jangan sering-sering berkumur ketika masih pendarahan

Pendarahan umumnya berlangsung hingga 3 pasca operasi. Selama masih pendarahan, jangan banyak berkumur karena itu hanya akan merangsang darah keluar terus menerus. Gigit saja KAPAS BERSIH untuk menghentikan pendarahan. Ganti tiap 1,5 jam sekali.

4. Pastikan mas/jeng tahu fungsi obat-obat yang diberikan

Obat pasca operasi yang diberikan biasanya terdiri atas:

-          Obat untuk menghentikan pendarahan, contohnya Dicynone Ethamsylate

-          Obat untuk peredam rasa sakit, contohnya Cataflam

-          Obat antibiotik, contohnya Lincocin

-          Cairan kumur-kumur, contohnya Betadine / Minosep

5. Minum obat maag sebelum makan

Obat peredam rasa sakit seperti Cataflam pasti menstimulus maag kambuh bagi siapapun yang mengidap penyakit tersebut. Jadi, makanlah obat maag setengah jam sebelum makan. Barulah konsumsi obat-obatan tersebut setengah jam sesudah makan.

6. Hindari banyak bergerak dan gerakan yang mengalirkan darah ke kepala

Supaya pendarahan cepat selesai, jangan banyak bergerak. Nikmatilah masa-masa ini untuk nonton TV, mendengarkan radio atau berleha-leha di kasur hehehe

7. Dilarang makan makanan yang keras dan panas/dingin

Dokter sih hanya menyarankan makan bubur atau sup supaya mulut tidak terlalu banyak mengunyah. Makanan panas dan dingin juga dilarang karena dapat menyebabkan ngilu pada gusi.

8. Bengkak pada pipi normalnya akan berlangsung selama 5-7 hari, maka bersabarlah terhadap penampilan.

9. Kurangi penggunaan sedotan

Seringkali orang yang habis operasi gigi menggunakan sedotan untuk makan/minum. Jangan seing-sering dilakukan jika gusi masih pendarahan, karena dengan menyedot cairan lewat sedotan, terdapat potensi menyedot darah pula dari gusi. Makan dan minum lah seperti biasa.

10. Kumur 4 jam sekali

Pada poin ke-3 saya menyebutkan jangan terlalu sering berkumur ketika masih pendarahan. Nah, biasanya siang hari pada 1 hari setelah operasi, pendarahan akan berkurang drastis sehingga kumur-kumur sudah diperbolehkan. Kumur-kumur ini tujuannya untuk membunuh kuman dan bakteri dalam mulut karena pasca operasi pasti akan sulit bagi mas/jeng untuk gosok gigi dengan benar. Berkumur dengan obat kumur menjadi salah satu solusi untuk tetap menjaga kebersihan mulut.

Berkumurnya pun jangan heboh, bisa saja dengan menggoyang-goyangkan kepala.

11. Jangan manja

Karena badan menjadi lemas pasca operasi, tetap jangan manja ke orang-orang terdekatmu. That sucks. Masih bisa masak, ke kamar mandi, dan melakukan aktivitas-aktivitas sendiri lainnya kok.

Sekian tips n trik dari saya yang sudah pernah operasi gigi impaksi. Good luck & semoga cepat sembuh!

Oh iya, tambahan dari mas Azam yang memberi komentar untuk tulisan ini: Bagi yang sudah bekerja bisa menggunakan kartu Jamsostek. Biaya ditanggung Jamsostek, tinggal tambah biaya obat 5-10 ribu hehehe

43 responses to “Tips n Trik Operasi Gigi Impaksi

  1. Lagi browsing-browaing tentang impaksi gigi, I have to say that this post is the best one… :D
    Oiya kalau boleh tau, biaya operasi giginya berapa ya? Di Eka Hospital juga operasinya?
    Thanks before :)

    • saya operasi sudah 2 kali. ini tulisan untuk operasi yang pertama.
      yang pertama itu saya operasi oleh dokter perempuan di RS THT yang di samping Eka Hospital, 1 gigi biayanya 3 juta klo ga salah.

      yang kedua saya dapat rekomen teman, di Dr.Wisnu. Tempat prakteknya sebuah rumah pas di belakang Taman Jajan BSD, sebelah salon dan tempat makan dmsum klo ga salah. saya langsung operasi 2 gigi (atas-bawah) totalnya 5 juta.
      di sini lebih murah dan prosesnya lebih cepat (mungkin krn dokter laki2 lebih kuat narik giginya). bisa datang ke sana aja. recommended. jadwal prakteknya hari selasa-kamis-sabtu klo ga salah.

  2. wah….. mahal juga ya sampai 5 jt, tadinya pingin cabut akar gigi, habisnya gak nyaman apalagi kalau gigi geraham samping , klu ketawa kan kelihatan tuh ompongnya, tapi sih sakitnya kadang kadang aja, kayanya gak jadi deh operasi , yach klu sakit cukup kumur kumur air asin hangat .

    • iya apa2 mahal sekarang apalagi yg hubungannya sama kesehatan :(
      klo sakitnya jarang sih ga perlu operasi gpp deh kayaknya. saya waktu itu sakitnya sampe 3 hari ga keluar kamar gara2 pusing.
      klo sakit dalam jangka waktu lama ya mau ga mau hrs operasi soalnya sakit itu disebabkan dari akar gigi yang nekan-nekan saraf di rahang kita. klo gak diangkat, minimal bengkak. klo semakin parah, malah bisa jadi kanker.

      oiya jangan malu lah ompong klo ketawa hehehe, toh letaknya di balik pipi ini, bukan gigi seri yang nampang di depan mulut :D

  3. kalau situ pusing ya, kalo saya nyeri sampai pipi terus tenggorokan buat menelan sakit jd itu gejala bungsu gk normal juga ya? udah 3 hari nih haha mau ke dokter takut

    • hehehe krn saya bukan dokter gigi jd saya ga bisa mastiin itu apa, yang saya bisa rekomen cuma pergi ke dokter gigi ajaaa sebelum kenapa2
      that’s it!
      tapi pastin juga nyerinya di bagian mana, soalnya klo sakit pas nelen bisa juga disebabkan krn maag kronis kan ya

    • hahaha geraham belakang masalah banget buat orang asia yang rahangnya kecil2 ini kayaknya.
      operasinya santai kok mas, asal di dokter yang terpercaya :D
      semoga bisa cepet kekumpul yaa duitnya daripada sakit terus2an

  4. istri saya akhirnya udah operasi, saya gak tega lihat dia begitu menderita, saya upayakan dananya..alhamdillah ada dan udah cabut 3 gigi..sekarang udah sehat..

  5. Impaksi itu memang membuat menderita,saya jg 2 gigi geraham blkng kanan kiri harus di operasi krn tumbuhnya nyamping,klo saya biayanya klo cuma 1 gigi dan bius lokal sekitar 800rb-900rb sudah include obat,tp klo langsung 2 gigi dan bius total,biaya sekitar 5-6jt. Saya sih akhirnya coba dlu 1 gigi,nanti klo sudah sembuh baru gigi sebelahnya lg.lokasi sih d jogna d rumah sakit bethesda.

  6. gigi sy jg impaksi…jd hrs mau ga mau dioperasi letaknya miring di sebelah kanan, mikir biaya dan operasinya pun harus d luar daerah krn di kabupaten sy blm ada dokter ahli bedah gigi…deg..degan..pokoknya semua rasa jd satu..tp yah ga pa2 demi kesehatan dan orang2 yg sy cintai…doa in ya teman2 semoga segalanya berjln lancar dan sukses ga sakit dan cpt….mudahkan ya ALLAH……amin

  7. mbak sausan salam, oia insy saya zamzam dri bandung, insy besok saya operasi gigi impaksi yang kedua minta doa.a ya smg lancar,,,jadi total gigi yang di cabut mbak sausan 3 ya,,,luar biasa mantappss hhe

  8. bagi temen” yg sudah bekerja lebih baek pake kartu jamsostek jdi biaya di tanggung jamsostek cuman nambah biaya obat sekitar 5 ribu smpe 10 ribu rupiah,,,,mumpung ad jamsostek jdi harus di optimalkan,,,untuk informasi bagi temen” yg berada di cimahi, dokter spesialis bedah mulut yaitu Drg M nagagarin insy beliau dokter yang ramah dan enak di ajak ngobrol yang berdinas di Rumah Sakit Cibabat lt.2, selamat berjuang buat para pasien Impaksi, sehat selalu :D

    • tergantung tempat operasi & tingkat kesulitan. saya waktu itu di rumah sakit hampir 3 juta utk 1 gigi. di tempat praktek rumahan sekitar 4 juta utk 2 gigi

  9. itu beneran bisa pake jamsostek ya? soalnya kl asuransi yg dr kantor gak cover buat gigi :( ini skrg kondisi gusi lg sakit sm pipi brasa agak bengkak, hasil rontgen nya sm ky mba sausan tu. mau ke RSPP kyknya lebih mahal dr mba ya?

    • wah kurang tau deh, mbak. itu ada seseorang yang komen di postingan ini bilang klo pake jamsostek bisa. saya gatau juga apa di RSPP lebih mahal atau ga, tapi mungkin kisarannya sama deh mbak, 1 gigi 2-3 juta

  10. periksa gigi pake kartu jamsostek ,dilihat aja dikartunya,karena dikartu itu dicantumkan layanan kesehatanya,misal nya untuk dokter umum,dokter gigi atau bersalin…

  11. Akhir bulan mei 2013 saya cabut graham kiri atas-bawah melalui operasi bedah mulut di rs syarif hidayatullah ciputat dengan rawat inap satu hari menghabiskan biaya lebih dari 18juta.

  12. sy barusan operasi gigi di rs dr moewardi solo tgl 14-06-2013, biaya ditanggung jamsostek semua, tapi sblm operasi harus melakukan pemeriksaan di poli gigi & mulut dulu, baru dijadwal operasi (dokter yg menentukan perlu operasi tdk, kita tdk bisa lgsung ke rs minta dioperasi gigi -klaim jamsostek tdk berlaku-).

  13. masih bingung ni.. jadi operasi apa ga. harus nginep 4-5 hari soalnya dan apakah ditanggung semua ato tidak oleh jamsostek. Menurut dokter di RSUD kanan-kiri bawah dicabut semua sekalian dan pake bius total -glegh- Temen-temen yang pernah operasi, mohon saran donk. Kira-kira biaya ditanggung Jamsostek semua ga ya kalo sampe nginep 4-5 hari. terima kasih

  14. Waduh…
    Mesti jd karyawan dulu deh biar gratis…..
    Biaya segitu berat diongkos…
    Q punya jamsostek tp aku udh keluar dr pabriknya n aku skrg udah kerja di pabrik,tp nunggu 3bulan baru dapet jamsostek lg… :( jamsostek lama kalo udh keluar dr pabrik ga bs ya?

  15. terima kasih infonya, sangat berguna sekali mbak. btw, mbak kemarin sebelum operasi disuruh minum obat selama seminggu gak oleh dokter? karena saya baca di beberapa artikel dan pengalaman rekan saya, mereka dikasih obat oleh dokter yang diminum selama seminggu sebelum operasi. nah, saya sudah janjian dengan dokter 3 minggu lagi akan operasi, namun kata dokter gak perlu minum obat pra operasi. mohon sharing-nya mbak. nuhun. :)

  16. asalamualikum teman2. do.ain saya tmen2 tdi sy ke RS-DUSTIRA cimahi, mau cbut gi2 bungsu bawah kanan,sama posi2nya nyerong, jd hrus d oprsi kcil,tdi baru di ronkgen,tar tgl 20/11/13 saya d oprasi. sakit ga ya? pngalaman pertma se umur hidup. mohon do.a nya,smga lancar aminn.tks

  17. saya baru saja operasi gigi bungsu yg impaksi, awalnya takut bangeett tp setelah dijalani ternyata tidak separah yg dibayangkan. dilakukan oleh dokter spesialis bedah mulut, di rs sari asih ciputat, dr nya baik bgt, komunikatif. pokoknya rekomended bgt deh!!! ketika dibius tdk sakit apalagi ketika dicabut krn biusnya sudah bekerja dan stelah biusnya habis hanya sedikit sakit yg dirasakan tapi itu hy sebentar kok, masih lebih merana ketika sakit gigi sblm operasi loh. oh yaaa biaya cabut termasuk obat rp 1.7 jt , dan setelah operasi pipinya juga egk terlalu bengkak. jadi jangan takut di operasi yaaa

  18. hi..
    saya baru operasi 2 gigi bungsu kanan atas dan bawah. hasil rontgent saya jg sama kaya kamu sausana.. saya operasi pada hari kamis kemarin (09/01/14). sakit sih gak terlalu yah, asalkan kita minum obat sesuai dgn anjuran dokter. cuma bengkaknya itu lho. sampai skrg, (12/01/14) masih besar bgt pipi saya. kaya lg ngemut buah duku. huhu. thanks bgt posting nya bisa kasih pencerahan bahwa bengkak ini bisa sampai seminggu yah ternyata? saya sudah khawatir kok sdh 3 hari blm kempes jg. mau kasih saran utk teman2 yg mau operasi, gak usah takut yah.. karna gak sakit kok. saya operasi di rs.jakarta. untuk 2 gigi sekaligus kena biaya sekitar 3,5 juta. cuma persiapkan diri aja untuk pipi bengkak selama 1 minggu. hehe. goodluck all

  19. Mbak yona, gigi bungsu itu gigi geraham bukan ya??dl dkter gigiku nyaranin cabut gigi graham bwh krn blubang sblm operasi dktr minta rontgen dan hslnya akar gigi miring/impaksi? krn takut smp skrg blm dcabut,hehe….cabut gigi yg impaksi itu hrs sm dktr bdah mulut ya,ga bs ama dktr gigi?? dl d rs asih dgn dktr sapa mbk..

  20. Halo mbak Sausan, boleh minta alamat lengkap atau no telp dokter yang di taman jajan BSD itu ga (tempat terakhir mbak operasi)?
    Terima kasih :)

  21. saya baru abis operasi gigi bungsu atas-bawah
    lokasi di RS cinta kasih tzuchi. cengkareng
    biayanya :
    gigi atas 800rb. gigi bawah 1.2 jt
    obat2an 32ribu
    dll
    total abis 2.070.900
    murah sih menurut saya
    dokternya sangat cekatan. 20 menit kelar
    namanya drg. inda pribadi spesialis bedah mulut

Tinggalkan Balasan

