Arti Namaku, Teratai


Saya mau berbagi cerita sedikit nih dengan mas/jeng tentang arti nama saya. Sausan Atika Maesara. Nama ini merupakan pemberian kakek (ayah dari ibu) yang sudah almarhum sejak saya masih kecil sekali. Katanya sih artinya Teratai Pembawa Kebahagiaan. Diambil dari bahasa arab.

Saya tidak tahu atas dasar apa kakek memberi nama saya ‘teratai’. Ya kenapa bukan mawar, melati atau bougenville atau anggrek atau bahkan bunga bangkai? (waduh yang ini nih nggak enak banget dengernya).
Barusan banget deh keinget soal nama ini. Akhirnya iseng googling dan ini yang saya dapat. Bikin saya nggak nyesel deh dikasih nama teratai. Ya walaupun saya tetap nggak tahu alasan kakek memberi nama teratai tapi setidaknya arti dan filosofinya bagus. Nah ini dia sedikit hasil googlingnya. Sedikit ‘aja ya, kalau banyak-banyak nanti malas juga bacanya.

TERATAI

Sebagai tanaman air yang POPULER di berbagai belahan dunia, teratai memiliki keistimewaan yakni menjadi tanaman yang banyak menyuntikkan INSPIRASI pada kaum penyair maupun penggubah lagu. Selebihnya, berbagai bangsa di muka bumi menempatkan tumbuhan air ini dalam posisi SARAT NILAI.
Banyak kisah mengenai bunga ini. Dalam astrologi, masyarakat Mesir Kuno menggunakan bentuk teratai sebagai simbol matahari terbit. Dalam ajaran Buddha menegaskan bahwa proses mekarnya bunga teratai merupakan lambang pencapaian KESEMPURNAAN menuju nirvana. Dalam Hindu, teratai merupakan perlambang KEMURNIAN. Selebihnya, bunga teratai kerap dijadikan simbol kecantikan fisik wanita. Beberapa perguruan tinggi terkemuka di tanah air juga menggunakan bunga teratai sebagai logo lembaga pendidikannya.

Dari kehidupan teratai yang dapat ditarik banyak pelajaran. Apabila air pasang, teratai naik. Bila air surut teratai pun turun. Daun teratai yang senantiasa mengapung rata di permukaan air tak pernah kotor sekalipun hidup di air keruh. Bunga yang muncul dari dalam air itu tetap bersih, segar dan indah. Akar yang kait-mengait dalam dasar kolam membuat teratai tidak gampang meninggalkan hidupnya. Semua itu melambangkan sikap KEMATANGAN dan KEMAPANAN, dan KEJUANGAN serta sikap CINTA TANAH AIR yang telah menghidupinya.

Teratai merah/lotus (salah satu jenis teratai) melambangkan KESUCIAN. Teratai merah membangun kehidupan harmoni dengan lingkungannya tanpa mengorbankan jati dirinya. Ia tetap bersih sekalipun air di sekelilingnya kotor. Keindahannya terjangkau oleh siapapun dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi.

Teratai memang bukan bunga yang harum semerbak, tetapi keberadaannya mampu membuat orang menoleh dan memperhatikannya. Tak peduli dia hidup di kolam gedung megah atau di kubangan lumpur belantara. Teratai merupakan bunga yang tak pernah mati saat kemarau melingkupi bumi, dia tetap hidup dalam umbinya, terpuruk dalam tanah kering kerontang. Tetapi begitu hujan datang, kuncup bunga akan segera mekar ditengah hijau dedaunan. Jadi, bunga teratai mampu memiliki PRINSIP HIDUP, mampu menghadapi TANTANGAN atas apa yang ada disekitarnya. Air boleh tercemar polusi, tapi teratai mampu mengatasinya karena ia akan tetap hidup.

.

Well, sebenarnya lumayan banyak terusannya, tapi di-stop sampai di sini ‘aja deh. Filosofinya emang pas banget sih sama saya (APAKAH???). Ya pokoknya selamat deh sudah membaca. Ada bagusnya coba mas/jeng cari arti eh bukan, cari filosofi dari nama sendiri. Sensasinya terasa deh apalagi kalau hujan-hujan gini *nggak nyambung lah
.
.
.
23.28 menulis di kosan sambil meringkuk dalam selimut, kedinginan

About these ads

8 responses to “Arti Namaku, Teratai

  1. wah aku baru tau ‘sausan’ tuh bhs. arabnya teratai
    hm… lebih pantes lagi kalo kamu masuk SITH can. kan nama himpunannya ‘nymphaea’, nama genusnya teratai, hehe

  2. boleh saya copas mengenai teratainya? saya sangat suka rangkaian arti dari bunga teratai yang anda post kan di blog anda :))
    terima kasih sebelumnya :)

  3. Assalamu’alaikm,, bunga Teratai jg di pakai untuk lambang silat jawa,, Persaudaraan Setia Hati Terate ( PSHT ),, dan memang banyak filosofinya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s